Rekomendasi podcast dalam dan luar negeri yang menarik buat didengerin.





Mungkin kamu pernah denger istilah podcast, tapi masih bertanya tanya “podcast itu apa sih?.” Berdasarkan Wikipedia, podcast adalah audio digital atau video berseri yang bisa diunduh untuk didengarkan. Untuk mendengarkan podcast, bisa lewat aplikasi atau website. Tapi lebih enaknya sih dengerin pake aplikasi.

Akhir akhir ini podcast makin familiar di Indonesia. Semakin banyak yang berlomba lomba bikin podcast. Dulu pas awal awal jadi pendengar podcast, sekitar 5 tahun lalu, masih belum banyak podcast Indonesia. Tapi sekarang hampir tiap hari selalu ada podcast podcast Indonesia yang baru. Sebagai penggemar podcast, saya senang dengan fenomena ini. Tapi kebanyakan podcast Indonesia temanya masih seputar sehari hari atau random.  Sedangkan podcast luar temanya lebih bervariasi dan segmented, ada podcast yang  khusus membahas sains, teknologi, psikologi, kesehatan, documenter, sampai kriminal. Karena itu sampai saat ini saya lebih sering mendengar podcast luar dibanding podcast dalam negeri karena lebih banyak pilihan.

Dalam 5 tahun “petualangan” saya mendengarkan podcast, ada beberapa podcast yang sampai saat ini menjadi favorit saya. Buat kamu yang masih coba coba dengerin podcast dan bingung mau dengerin apa. Berikut saya kasih rekomendasi podcast podcast keren untuk didengerin sambil nyetir, sambil kerja, atau sambil tiduran.
Podcast dalam negeri

1.        Do you see what I see



Walaupun judulnya kebarat baratan, tapi isinya 100 persen bahasa Indonesia. Buat kamu yang hobi nonton Jurnal Risa atau Paranormal experience nya Raditya Dika, jangan sampe gak dengerin podcast ini. So far, ini adalah podcast Indonesia favorit saya. Selain memang belum ada podcast indo yang temanya misteri. Teknik penceritaannya juga bagus, ditambah dengan backsound yang membangun suasana seram tanpa berlebihan. Diluncurkan pada bulan November, podcast ini produktif mengeluarkan episode baru hamper setiap hari. Sampai saat ini, podcast DYSWIS sudah mencapai 70 episode.

       Podcast Subjective


Podcast ini sudah eksis sebelum tren podcast “menyerang” Indonesia dua tahun belakangan. Digawangi oleh Iqbal Haryadi, podcast ini membahas isu isu di generasi millenials dengan topik topic yang cukup berisi setiap episodenya.


 Asumsi Bersuara


Buat kamu yang suka dengan isu isu politik dan current affair dibahas dengan gaya yang ringan, podcast ini perlu kamu dengerin. Setiap episode membahas tentang topik yang gak receh, misalnya tentang Brexit, Undang Undang ITE.Namun dengan host yang gaya penjelasannya cerdas kayak Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei, podcast ini jadi mudah dicerna oleh orang orang yang kapasitas otaknya rata rata kayak saya.

      Dialogika

Ini podcast dalam negeri tapi dibawakan dalam bahasa Inggris. Topik podcast ini seputar ngebahas politik, feminism dan sebagainya. Kalo kamu suka podcast serius tapi gak ngebosenin, podcast ini cocok buat kamu dengerin.

    Magdalene’s Mind

Buat yang tertarik dengan isu isu feminism, check this out. Setiap episode menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya. Lewat podcast ini, kita bisa lebih memahami isu isu perempuan dan feminism dengan bahasa yang gak berat.

Podcast luar negeri

     Science VS



Serial podcast yang berfokus untuk "debunk" segala mitos dan informasi keliru seputar dunia kesehatan secara general dan bidang bidang lain. Beberapa episode yang mesti kamu dengerin di antaranya: "Vegans,are they right?","Ketogenic diet", "Vitamins and supplements, are they really worth it?", "The rise of Anti-Vaxxers." Settiap episode menghadirkan narasumber di bidangnya masing masing.

   True Crime Garage


Podcast ini cocok banget buat yang menyukai  cerita kasus kasus pembunuhan ato serial killer. Setiap kasus dibahas dengan detil dan kronologis lengkap dengan teori teori personal dari sudut pandang hostnya. Cara penyampaiannya juga to the point, gak bertele tele.

   Adam Ruins Everything


Podcast ini berangkat dari serial televisi dengan judul yang sama.  Saya suka menonton beberapa episodenya lewat Youtube, dan saya jatuh cinta dengan serial ini. Adam Ruins Everything  meluruskan miskonsepsi dan mengungkap fakta fakta yang ada di sekitar kita sehingga bikin kita berpikir “oh sebenernya ternyata kayak gitu.” Sayangnya podcast ini terakhir update bulan Maret 2018 lalu. Tapi tetep worth buat didengerin.

Stuff Mom Never Told You



Kalo kamu suka isu isu perempuan secara global, podcast ini perlu kamu dengerin. Setiap episodenya membahas tentang isu isu gender seperti seksisme, pelecehan seksual, dan segala topik topik yang berhubungan dengan dunia perempuan. If you call yourself a feminist, this podcast should be a must listen podcast for you. Jangan takut kalo bakalan boring, karena podcast ini dibawakan dengan gaya informal. Persis kayak kita ngobrol sama temen perempuan. So, go give it a listen.

Sebenernya masih banyak podcast podcast seru dari dalam maupun luar negeri. Apalagi sekarang podcast makin populer dan digandrungi. Akan selalu ada podcast podcast baru dan menarik. Saya suka dengerin podcast lewat aplikasi Castbox dan Stitcher. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Stitcher memiliki halaman depan yang lebih rapih karena hanya menampilkan Top podcast, tapi sayangnya gak menampilkan kategori. Sedangkan Castbox halaman depannya lebih overwhelming karena terlalu banyak pilihan. Tapi Castbox menampilkan kategori di halaman depan. Jadi kita gak harus ngubek ngubek lagi ke tab lain kayak di Stitcher.

Untuk pemula, Castbox lebih user friendly. Karena episode dan detail podcast langsung terpampang nyata begitu diklik. Sedangkan di Stitcher lebih tersembunyi. Namun kelebihan Stitcher adalah memiliki pilihan "Play next" untuk memainkan episode dari podcast yang berbeda. Jadi begitu kita selesai dengerin satu audio, akan langsung menyambung ke audio berikutnya tanpa harus download dulu kayak Castbox.

Untuk kamu yang suka podcast Indonesia, aku rekomen aplikasi Inspigo. Inspigo berisi kumpulan kumpulan audio inspiratif yang berisi wawancara dengan para ahli di bidangnya masing masing. Podcast ini pas banget buat kaum kaum millenial yang lagi menuju kedewasaan biar gak salah jalan.

inspigo indonesia, inspigo adalah

Itulah beberapa podcast menarik yang aku rekomendasikan buat kamu yang mau nyoba dengerin podcast. Harap diingat kalo semua ini berdasarkan selera pribadi ya. Kalo menurut kamu podcast podcast di atas gak menarik, to each their own :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

About Me

 An introverted overthinker who like to speak her mind through Blog, Instagram, and Twitter