Perawan tua




Mendengar berita bahwa Syahrini akan menikah di usianya yang menjelang 40 membuat saya lega. Lega karena orang orang single di usia 30an kayak saya bisa punya harapan buat menikah sama pria single dan berkualitas *lirik Reino Barrack*. Selama ini perempuan yang belum menikah di usia 30-40an selalu dipojokkan dengan label label yang merendahkan semacam “perawan tua”,”gak laku” dan sebagainya. Saya yakin pria pria yang belum menikah pun sebenarnya juga merasakan kekhawatiran yang sama. Tapi dalam pengamatan saya, at least dunia masih lebih ramah sama kaum pria yang belum menikah di usia mapan, dibanding kaum wanita yang mendapat cibiran bertubi tubi.

Saya gak ngerti kenapa orang orang terlalu mempermasalahkan wanita yang belum menikah di usia “rawan”. Tinggal di negara yang manusianya suka ribet ngurusin orang itu emang harus kuat mental, kalo enggak ya bagai kerbau dicucuk hidungnya, mau aja disetir sana sini. Banyak wanita yang buru buru nikah karena takut digunjingin orang, karena takut disebut perawan tua. Dikira dengan menikah cibiran dan komentar itu akan berhenti. Padahal, sesempurna apapun hidup, akan selalu ada orang yang mengomentari. Udah nikah ditanya kapan hamil, udah hamil ditanya kapan hamil lagi. 

Pokoknya capek deh kalo hidup dihabiskan buat peduli apa kata orang dan gak bikin bahagia juga.
Saya gak memungkiri kalo wanita itu punya masa subur, di akhir usia 30an, kesempatan hamil akan menurun dibanding wanita berusia 20an. Sehingga anjuran untuk menikah lebih baik di usia 20-30an bagi wanita banyak didengungkan. Terutama di Indonesia dengan norma ketimuran yang mana kalo mau punya anak harus nikah dulu. Akhirnya banyak  orang yang tujuan utamanya menikah buat dapat keturunan. Gak salah sih, salah satu tujuan menikah kan emang seperti itu. Tapi kalo memutuskan menikah cuma biar bisa punya anak akhirnya milih pasangan asal asalan, kan kasian anaknya nanti tumbuh di keluarga yang asal asalan.

menikah di usia muda


Jadi wanita  single di usia yang berumur dan tinggal di Indonesia itu emang tantangan tersendiri, apalagi kalo tinggal di kota kecil. Selalu ada mulut mulut usil yang merendahkan dan nyinyir, herannya lagi yang nyinyir kebanyakan juga sesama perempuan dan sama sama belum nikah, mungkin mereka belum kenalan sama yang namanya karma.

Buat kamu yang masih single dan belum keliatan hilalnya mau nikah kapan *ngomong sama diri sendiri* sabar aja deh, jangan keburu buru. Jangan menikah hanya karena mau membungkan omongan orang lain, biar gak dinyinyirin lagi. Karena udah lelah dibilang perawan tua. Kalau pernikahan kamu gak bahagia ya tetep aja kan bakalan diomongin ? Jangan mengorbankan masa depan kamu menikah sama orang yang kamu gak sreg cuma buat ngejar status menikah..

Menikah itu bukan prestasi,  itu hanyalah sebuah fase hidup manusia. Setiap orang punya "waktu" masing masing, kalopun dipaksa paksa juga gak akan kejadian kalo belum waktunya. Kalo belum waktunya menikah berarti emang disuruh Tuhan buat puas puasin jadi jomblo dulu. Gunakan masa masa sendiri buat menikmati kebebasan. Jangan sampai pas udah menikah nyesel lalu melampiaskan penyesalan ke suami dan anak anak atas keputusan yang kamu buat sendiri.

Intinya buat kamu yang masih sendiri di usia yang "rawan", bersabarlah. Kalo kata Afgan, "Jodoh pasti bertemu". Kalo gak ketemu di dunia, ya ketemunya di surga #eaaaaa. Yang penting love yourself, love your life. Tingkatkan kualitas diri biar ketemu yang sepadan. Jangan lupa kalo udah ketemu jodohnya undang undang eaa kak,....
Next Post Previous Post
7 Comments
  • amaliandcinnamon.blogspot.com
    amaliandcinnamon.blogspot.com Monday, March 11, 2019 at 9:52:00 PM GMT+7

    Menjadi yang berkualitas atau yang hanya asal sudah nikah aja deh. Menurut saya jangan hanya menikah asal sudah nikah beres tapi tetap dipikirkan bagaimana kalau untuk membuat rangka pernikahan yang baik secara agama dan masa depan. Memikirkan pendidikan pernikahan yang tepat bagaimana untuk sang calon yang masih jomblo. Baiknya secara agama dipersiapkan terlebih dahulu. Agar dapat berperan sebagai kepala rumah tangga atau untuk anaknya. Bagaimana yang baik? Ya masih ada waktu untuk belajar menjadi pribadi yang pantas dan sebaik-sebaiknya kita dalam berumah tangga. Artikel yang baik dan bermanfaat. :))

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Tuesday, March 12, 2019 at 7:12:00 PM GMT+7

      Terima kasih mbak :)

  • Niklosebelas
    Niklosebelas Tuesday, March 12, 2019 at 4:43:00 PM GMT+7

    (((love your self, love your life)))
    sukaaaaaa sama kalimatnya mbak ^^

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Tuesday, March 12, 2019 at 7:13:00 PM GMT+7

      ☺☺

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com Wednesday, March 13, 2019 at 12:50:00 AM GMT+7

    Sedihnya lagiiii..
    Wanita banyak dibully nya juga ama sesama wanita hiks
    Saya dulu menikah di hampir 30tahun.
    Awalnya sih santai aja, apalagi tinggal jauh dari ortu, paling denger keluhan ortu sebulan sekali pas mereka telpon.
    Ternyata setelah saya nikah, mama baru jujur, mengapa dulu mama nanya mulu kapan nikah, karena orang2 mulai tak henti bergunjing, bahkan terang2an di depan mama saya.
    Katanya saya udah nikah siri lah, punya anak lah dll

    Orang2 ya, mulutnya terasa pahit kayaknya kalau enggak gunjingin orang lain, ckckckc

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Wednesday, March 13, 2019 at 10:28:00 AM GMT+7

      Apalagi kalo tinggal di kota keci ya mbak, gunjingannya emang kuat banget. Tutup telinga aja lah, kalo emang belum ada jodoh masa mau dipaksa2.

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Wednesday, March 13, 2019 at 10:29:00 AM GMT+7

      *kecil*

Add Comment
comment url

About Me

 An introverted overthinker who like to speak her mind through Blog, Instagram, and Twitter