Cari teman internasional? ini situs dan aplikasi pertemanan yang bisa dicoba




Sebagai orang yang jarang punya teman di dunia nyata (hikss), keberadaan fasilitas mencari teman secara online ibarat dewa penyelamat bagi saya. Walaupun niat utama saya adalah belajar bahasa dan pengen praktekin bahasa Inggris, tapi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui gak ada salahnya kan? Selain praktekin bahasa Inggris, juga bisa dapat temen ngobrol dan sharing.

Ada banyak wadah yang saya gunakan buat nyari temen, selain aplikasi, ada juga website. Sebagian banyak aplikasi sudah saya coba, ada yang sampai sekarang tetap saya gunakan, ada yang sudah saya uninstall karena gak seru dan orangnya sombong sombong (baper). Sampai saat ini saya menggunakan aplikasi dan beberapa website, dan berikut reviewnya siapa tau kamu juga pengen nyari temen online.

1. Tandem



Aplikasi tandem ini berada di urutan pertama yang saya review karena memang pantas berada di urutan teratas. Saya berkenalan dengan aplikasi ini setahun yang lalu, sejak memulai belajar bahasa Jerman dan sampai sekarang masih saya gunakan. Aplikasi ini dikhususkan untuk language exchange atau pertukaran bahasa. Jadi yang niat utamanya buat nyari pacar bule mendingan jauh jauh deh ya.

Di Tandem, proses mendaftarnya cukup mudah. Kamu bisa daftar lewat akun google atau sosial media. Yang membedakan dari aplikasi chat yang lain adalah, foto yang digunakan harus benar benar nampakin muka. Bukan foto asal asalan ato foto kartun. Selain itu Tandem menjamin kenyamanan dalam menggunakan aplikasi. Kita bisa report orang orang yang ngirim pesan gak senonoh atau melanggar aturan dari Tandem. Saya pernah laporin salah satu akun dan hanya dalam beberapa jam akun tersebut diblokir. Hal ini membuat saya makin yakin untuk terus menggunakan aplikasi ini.



Di Tandem rata rata orangnya baik dan ramah. At least dibanding beberapa aplikasi chatting yang pernah saya gunakan. Profil mereka juga rata rata menarik dan "bener", maksudnya bukan profil gaje ato kayak scammer scammer gitu. Oia, kalo mau chattingan silakan cari profil saya @Lady. Cheesy banget gak sih usernamenya?

Rating : 9/10

2. Interpals



Ini berupa website, bukan aplikasi. Sudah setahun lebih saya pakai website ini, setelah hiatus panjang selama berbulan bulan, akhirnya beberapa hari belakangan mulai saya gunakan lagi. Secara garis besar sih cukup bagus ya. Karena platformnya website jadi gak usah susah payah download. Dari segi penggunaan juga cukup user friendly. Di Interpals kita bisa ngecek siapa aja yang liat profil kita. Sedangkan di Tandem kita perlu upgrade aka bayar dulu buat dapat fasilitas ini. Profil profil yang online juga terpampang nyata di beranda website. Jadi kalo mau chat cepat dibalas mendingan kirim pesan ke user yang lagi online aja. Itu sih trik saya.

Dari segi kenyamanan, Interpals menurut saya cukup nyaman lah ya. Profilnya rata rata bagus dan "bener", gak mencurigakan. Trus kita juga bisa sortir orang orang dari negara mana aja yang bisa kirim pesan ke kita. Dari segi pencarian juga cukup mudah. Kita bisa sortir mau chat sama cewek/cowok ato keduanya, range umur, benua, kota, dengan atau tanpa foto. Selain itu nemuin orang orang yang tinggal satu kota juga gampang di sini. Siapa tau mau meetup kan?

Rating 8/10

3. Slowly



Aplikasi ini lebih ke konsep pen pals atau sahabat pena. Buat kamu anak 90an pasti pernah denger istilah ini kan? Di jaman now ternyata sahabat pena juga naik kelas ke format digital. Salah satunya adalah aplikasi Slowly. Karena mengadaptasi konsep sahabat pena, maka pesan pesan yang dikirim akan sampai lebih lama. Ibarat mengirim surat pakai kartu pos yang perlu waktu berhari hari. Semakin jauh lokasi alamat yang dituju, semakin lama sampainya.

Kelebihan di Slowly adalah kita bisa nyari temen berdasarkan topik yang kita suka. Misalnya teknologi, budaya, membaca, dan lain sebagainya. Jadi kita bisa ketemu temen yang punya interest yang sama dan pembicaraan jadi lebih menarik. Kekurangan aplikasi ini ya itu tadi, lama, gak real time. Surat surat kita baru sampe 2-3 hari kemudian, belum lagi kalo yang dikirimin surat ngebales lama, ya tambah lama lagi prosesnya. Sekarang saya udah gak pake ini lagi sih, bosen, hihi...



4. HelloTalk



Aplikasi ini cukup beda sama aplikasi sebelumnya. Di sini kamu bisa bikin status dan dapat komentar juga dari pengguna yang lain. Selain itu juga ada fitur terjemahan dan koreksi bahasa. Untuk aplikasi ini saya udah lama gak pake lagi dan udah uninstall juga jadi gak bisa kasih review lebih mendalam.

Rating 7/10

Sebenernya masih banyak lagi web dan aplikasi yang sudah saya coba, seperti Speaky (app), Conversation Exchange (web), Italki (web), My language exchange (web), tapi gak diesksplor secara mendalam jadi gak bisa kasih reviewnya. Sekarang saya udah jarang chatting baik di web maupun aplikasi, udah mulai bosen soalnya. Sampe saat ini saya belum pernah nemu teman "permanen" di dunia maya. Rata rata kalo udah selesai chat ya udah, gak nyambung nyambung lagi.

Apakah pengalaman saya selalu menyenangkan menggunakan aplikasi dan web chatting ini? gak selalu sih? ada juga yang nyebelin, yang paling sering chat gak dibalas balas padahal udah dibaca. Padahal di profilnya tertulis mau cari temen, chat sama siapa aja gak masalah. Lah diajak temenan baik baik gak ngerespon. Terus ada juga yang ngechat dan obrolannya menjurus flirting, padahal udah ditegaskan kalo murni mau nyari temen. Dan wadahnya juga khusus nyari temen, bukan online dating. Kalo udah ada yang ngechat "belok belok", saran saya cuekin aja sih atau laporin ke admin.

Aplikasi dan web chatting ini lumayan reccomended lah buat kamu yang mau praktekin bahasa Inggris sama orang asing ato mau nyari temen baru. Tapi yang namanya dunia maya tetep harus hati hati ya. Jangan berikan informasi yang bersifat terlalu personal. Kalo obrolan udah menjurus ke arah negatif jangan ragu buat nge cut atau ngeblok. Rata rata orang orang yang ada di aplikasi nyari temen internasional ini baik baik kok, tapi pasti ada satu dua yang gak bener. So, hati hati ya. Dan selamat mencari teman.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Ainun
    Ainun Sunday, March 3, 2019 at 11:23:00 PM GMT+7

    baru tau nih ada wadah yg bisa digunain utk nyari temen sebanyak2nya di dunia maya dari berbagai negara, mayan sekalian sambil ngasah skill bahasa

  • Niamul Maftuhah
    Niamul Maftuhah Wednesday, March 6, 2019 at 4:11:00 PM GMT+7

    Baru tau aplikasi2 itu. Oh ya 'Couchsurfing' juga salah pilihan, karena kita bisa ketemu teman-teman luar negeri maupun lokal, terlebih saat kita traveling :)

Add Comment
comment url

About Me

 An introverted overthinker who like to speak her mind through Blog, Instagram, and Twitter