Pengalaman Ganti baterai Xiaomi di Service Center Banjarmasin

Foto from Tokopedia
 

Baterai memang aspek yang paling penting pada ponsel.  Sebelum beli handphone baru, pasti kita memasukkan kapasitas baterai sebagai pertimbangan utama. Sebagai “nafas” ponsel, baterai juga komponen yang harus dapat perhatian khusus biar gak gampang bermasalah dan ujung ujungnya harus dirawat inap di tukang servis.

Hal ini jugalah yang terjadi pada ponsel redmi 5a saya. Hapenya sendiri  sih baik baik aja, tapi baterainya yang mulai tidak mampu menahan beban gara gara si empunya ponsel  yang abusive saat menggunakan hape. Yang paling sering sih digunakan jor joran sampai baterainya tiris, seringnya dibawah 10% baru dicharge. Tidak mengherankan kalau beberapa minggu lalu, redmi saya mulai berontak. Diawali dengan hape yang mati sendiri pas baru 20%, padahal biasanya dibawah 5% baru mati. Saya charge hapenya tanpa perasaan aneh aneh. Saya baru ngerasa curiga pas baterai redmi terisi dari 0 sampai 99% cuma dalam waktu 40 menitan, padahal biasanya 2 jam. Pas dipakai, baterainya juga drop dengan durasi yang sama cepatnya saat mengisi daya. Di sinilah kecurigaan saya mulai tervalidasi, baterainya mulai mendekati ajal alias perlu waktunya diganti. Ya wajar sih, udah mau 2 taun. Kata beberapa pakar perhapean, umur baterai rata rata 2-3 tahunan. Jadi kalo masa pakainya udah diatas itu, siap siap aja ganti baterai baru atau ganti hape sekalian.

Masa masa memakai redmi dengan baterai yang ngos ngosan itu sangat menyedihkan. Saya menyaksikan sendiri tampilan persentase baterai yang berkurang dalam hitungan detik padahal gak diapa apain. Berkurangnya juga bukan 1 %, tapi 2-3% sekaligus, nyess gak tuh?

Sebenarnya saya tau, solusi satu satunya cuma ganti baterai. Berhubung waktu itu lagi bulan tua, saya nunggu sekitar 3 mingguan sampai duitnya ada. Jadi dalam waktu hampir sebulan itu, saya bertahan dengan baterai redmi yang hidup segan mati tak mau. Solusi yang saya lakukan saat itu ya kalibrasi baterai. Walaupun kalibrasi bukan buat memperpanjang umur baterai, tapi saya coba aja, siapa tau baterainya bisa waras.

Ternyata enggak…

Selama hampir sebulan saya sabar sabarin pakai redmi dengan baterai seperti itu. Sambil cari informasi dimana lokasi Mi center di kota saya, Banjarmasin.  Saya juga cari info tentang ganti baterai redmi di google. Tapi yang keluar malah iklan iklan jual baterai hape di marketplace.

Sebenarnya saya kepikiran buat beli baterai baru aja di toko online, dibanding ke service center yang harganya lebih mahal, tapi takut zonk. Jadi ya biarin deh keluar duit agak banyak, tapi terjamin.

Setelah saya googling, Mi Center Banjarmasin itu berlokasi di jalan Ahmad Yani, satu gedung dengan Hape World. Saya coba tanya biaya ganti baterai lewat nomor kontak yang tertera di website Xiaomi, dan biayanya kisaran 250 ribuan. Oke deh, gak mahal mahal amat.

Tibalah hari yang ditunggu tunggu buat ganti baterai. Bukan saya sendiri yang ngurus sih, tapi papa. Karena kebetulan beliau juga mau servis motor di daerah sekitar HapeWorld, jadi ya udah saya titip sekalian. Untung mau dititipin, hihi..

Setelah kurang lebih 2 jam, hape saya pun udah “baru”, dan bagian belakangnya lebih berasa rata pas dipegang. Kata teknisinya, fisik baterai hape saya udah menggelembung sedikit.  Pantesan rasanya aneh di telapak tangan. Oh iya, biayanya ternyata 300 ribu. Jadi ya siapin dana segitu lah buat ganti baterai Redmi 5a.


Saya seneng banget hapenya bisa normal lagi. Bonusnya, tempat kartu SIM 2 yang macet gara gara saya kebalik naruh kartu SIM akhirnya bisa kebuka, dan saya bisa pake dual SIM lagi. Sejak saat itu juga saya janji sama diri sendiri buat gak menyiksa baterai hape. Minimal 35-40 % udah harus di-charge. Kalo kebetulan lagi panas banget gak dipake dulu, tapi ditaroh di lantai biar adem baru dipake lagi. Walaupun mungkin dalam 2 tahun kedepan udah perlu ganti baterai lagi, tapi menjaga baterai biar sehat wal afiat selama jangka waktu 2 tahunan itu harus dongg.

Karena saya gak datang langsung ke tempat servisnya, berikut foto tempat Mi Service di Hape World yang diambil dari google map.

Service xiaomi Banjarmasin



Ini nomor WA yang saya hubungi. Alhamdulillah responnya cepat dan ramah. Kalo kamu pengguna Xiaomi , berdomisili di Banjarmasin dan pengen bawa hapemu ke service center tapi pengen tau kisaran biaya perbaikannya, bisa coba hubungi nomor tersebut.

Begitulah pengalaman saya ganti baterai di service center Xiaomi. Semoga bermanfaat ya.

Next Post Previous Post
3 Comments
  • Anonymous
    Anonymous Tuesday, April 20, 2021 at 6:46:00 PM GMT+7

    Kalo ganti baterai hapenya direset nggak ya? Ane mau ganti batere ke xiaomi tp takut diformat hapenya.

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Thursday, April 22, 2021 at 7:44:00 AM GMT+7

      Iya, Kalo aku kemaren kureset duluan sebelum diservis.

    • Aan
      Aan Monday, February 28, 2022 at 1:33:00 PM GMT+7

      Gimana batreinya sekarang? Masih awet kah?

Add Comment
comment url

About Me

 An introverted overthinker who like to speak her mind through Blog, Instagram, and Twitter