Pengalaman ikut pelatihan Prakerja di Skill Academy



pengalaman ikut prakerja

 Pengalaman pribadi dan kesan kesan saya selama mengikuti pelatihan prakerja di Skill Academy gelombang 3.


Bagi kalian yang belum tau apa yang dimaksud dengan prakerja,
Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja (sumber:tirto.id).

Kartu prakerja ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar 1 juta rupiah untuk biaya pelatihan. Kalau kamu sudah lolos, kamu akan dapat uang sebesar 1 juta rupiah yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan yang diinginkan. Uang ini tidak bisa dicairkan ya. Dalam waktu 1 bulan kalau tidak digunakan sama sekali, uang 1 juta tersebut akan hangus. Kalau sudah membeli pelatihan pertama lalu mau belajar lagi di lembaga pelatihan lain, kamu bisa melakukannya selama sisa uangnya masih ada. Jangka waktu pemakaian saldo prakerja ini sampai akhir tahun 2020. Bedanya, kamu tidak akan dapat insentif lagi di pelatihan kedua, ketiga, dan seterusnya. Insentif sebesar 600 ribu per bulan selama 4 bulan hanya akan diberikan ketika kita menyelesaikan pelatihan pertama.

Berikut ini pengalaman saya ikut program prakerja mulai dari mendaftar sampai dapat insentif. Saya mendaftar sejak pembukaan pertama program ini pada bulan April lalu, dan baru berhasil di gelombang ketiga.                     

Proses pendaftaran

Mendaftarnya sangat mudah, tinggal masuk ke web prakerja.go.id klik daftar dan masukkan data data kita. Ada juga pilihan tentang status kita, apakah sudah bekerja, masih menganggur, atau PHK. Saya mendaftar sejak gelombang pertama, dan awal awal banyak kendala yang saya hadapi, terutama mengunggah KTP dan swafoto dengan memegang KTP. Mungkin saya sudah mencoba 10 kali lebih untuk mengunggah kedua persyaratan tersebut karena berkali kali gagal. Setelah percobaan yang ke berapa kali, foto KTP dan swafoto akhirnya berhasil diunggah. Setelah itu lanjut ke tahap tes dengan soal pilihan ganda. Tenang aja, tesnya bukan tes susah kayak CPNS, lebih ke pelajaran sekolah. Selain itu juga ada beberapa soal psikotes yang berhubungan dengan karakter dan motivasi mengikuti pelatihan ini. Soal soal ini sepertinya  bukan salah satu pertimbangan untuk lulus/gagal. karena banyak pengalaman teman yang asal menjawab di beberapa nomor, ternyata tetap lulus. Setelah menjawab semua nomor soal,  masuklah ke tahap evaluasi. Sampai di sini kita bisa klik tombol “gabung” dan tinggal menunggu hasil selama beberapa hari apakah berhasil atau coba lagi.

Setelah beberapa hari, pengumuman hasil gelombang 1 keluar, ternyata saya tidak lulus. Kecewa sih sedikit, tapi masih ada harapan karena program ini bergulir sampai akhir tahun. Untuk yang tidak lulus, bisa bergabung di gelombang selanjutnya. Gelombang 2 tidak lulus dan mulai patah arang. Lalu ke gelombang 3, di gelombang inilah keajaiban terjadi. Saya bilang keajaiban karena awalnya saya gagal, setelah saya cek beberapa hari kemudian, ternyata berubah jadi lulus. Saya senang tapi tidak mau terlalu larut dalam kebahagiaan dulu. Sebelum dapat nomor prakerja, apapun bisa berubah. Pengumuman lulus tanggal 6 Mei, setelah menunggu hampir seminggu, pada 11 Mei hari Senin sore, saya cek lagi dashboard prakerja saya, ternyata nomor prakerja sudah keluar beserta saldo sebesar 1 juta rupiah.

 

gagal prakerja
From this


 
lulus prakerja
To this

1.   Pelatihan

Setelah dapat saldo, saya langsung mencari pelatihan yang saya inginkan, yaitu Microsoft Excel. Sebenarnya saya sudah belajar ini dari SMA. Tapi karena sudah lama sekali tidak pernah pakai Excel, saya ingin mengupdate dan meningkatkan kemampuan Excel saya. Pilihan jatuh pada Skill Academy. Di platform lain sih ada juga pelatihan Excel. Tapi di SA saya lihat materinya lebih lengkap dan mencakup hal hal dasar, dan harga pelatihannya juga lumayan murah, akhirnya saya memilih Skill Academy.

Jadi pelatihan ini terdiri dari pre exam, materi, dan exam. Pre exam bisa kamu lewati dulu dan langsung loncat ke materi, setelah itu baru mengerjakan ujian.  Pre exam sebenarnya tidak terlalu berpengaruh kalo kamu dapat nilai kecil, karena itu cuma mengetes sejauh mana kamu tahu tentang materi tersebut. Yang berpengaruh adalah ujian akhir sesudah menonton semua materi video. Nilai minimum untuk bisa lulus adalah 65. Kalo nilai belum memenuhi standar bisa diulang sampai berhasil. Jadi kamu pasti bisa lulus dan dapat sertifikat.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti kelas Excel di Skill Academy sekitar 2 jam kalo ditotal. Saya perlu 2 hari untuk menyelesaikan kelas. Karena saya nontonnya nyicil nyicil. Setelah kelas selesai, kita dapat sertifikat. Jangan lupa mengatur nama kamu untuk ditulis di sertifikat biar gak salah cetak. Edit nama dengan masuk ke website Skill Academy pilih tab Lainnya→akun saya→edit akun, dan tulis nama lengkapmu.

2.      Insentif

Saya menyelesaikan pelatihan pada hari Selasa,12 Mei 2020.


 

Setelah selesai  pelatihan, sertifikat tidak langsung muncul di akun prakerja kita. Butuh waktu sekitar 3-5 hari kerja untuk sertifikat tertera di dashboard masing masing. Selama itu, status pelatihan masih tertulis “Aktif” walaupun sudah menyelesaikan pelatihan.  Setelah 3 hari, saya kembali mengecek  akun saya, dan status sertifikat sudah tertulis “Selesai” dan jadwal insentif pun keluar.

Jadi prosedurnya, Selesaikan pelatihan→dapat sertifikat→tunggu sampai status di akun prakerja dari ‘Aktif” menjadi “Selesai”→jadwal insentif keluar→tunggu insentif masuk ke rekening/e wallet di tanggal tersebut.


Jadwal insentif pertama saya adalah tanggal 20 Mei. Alhamdulillah sudah bisa cair dan ditarik di tanggal 18 Mei. Lumayan buat ngasih THR ke orang rumah. Dari pengalaman teman teman di grup, ada yang cair lebih dulu dari jadwal ada juga yang telat. Ada juga yang tertera bahwa insentif sudah ditransfer dan berhasil, tapi belum masuk di e wallet. Kalo seperti ini tunggu saja selama maksimal 7 hari kerja. Kalo belum masuk masuk kamu bisa menghubungi CS Prakerja lewat email.

 

Begitulah pengalaman saya mengikuti pelatihan prakerja. Memang tidak seoptimal kelas offline dimana kita dapat modul, soal soal latihan, praktik langsung diawasi tutor. Tapi setidaknya lumayan lah daripada gabut gak jelas. Apakah prakerja bermanfaat? Kalo manfaat secara materi sih semua peserta pasti akan bilang iya, tapi kalo bermanfaat secara ilmu, ya tergantung orangnya masing masing. Banyak dari mereka yang cuma mengejar insentif, jadi pilih kelas juga asal asalan. Videonya gak ditonton tapi hanya diputar sambil melakukan aktivitas lain. Tapi ada juga yang benar benar serius mengikuti kelas. Tidak melulu mau insentif, tapi juga mencari ilmu. Untuk orang orang seperti ini tentu pelatihan prakerja membawa manfaat yang nilainya lebih besar daripada  insentif senilai 2,400,000.

Walaupun sudah mengikuti pelatihan, jangan berharap kalo kamu bisa langsung menguasai skill yang diajarkan. Saya tidak otomatis jago Excel hanya dengan menonton video berdurasi 2 jam. Perlu praktik berulang ulang dan belajar secara kontinyu untuk bisa jago Excel seperti impian saya.

Baca Juga : Cara mengirim CV lewat email

 Kesan kesan

Mungkin saya termasuk beruntung bisa ikut di gelombang 3. Karena prosesnya sudah lebih baik dan tidak banyak kekacauan terjadi seperti yang dialami teman teman yang lain di gelombang 1 dan 2. Saya banyak membaca keluhan dimana pelatihan mereka masih tertulis aktif, selama berminggu minggu tidak berubah. Padahal pelatihan sudah lama selesai.  Sudah menghubungi CS prakerja tapi tidak ada perubahan. Ada juga yang insentif belum kunjung cair, padahal sudah lewat jauh dari tanggal pencairan.

Menurut saya program prakerja ini bagus kok. Saya menilai dari sudut pandang peserta yang memang benar benar ingin belajar ya, bukan cuma mengejar insentif. Materi pelatihannya beragam, walaupun ada juga materi yang bisa kita temukan cukup dengan google search, misalnya tips melamar kerja, membuat CV, namun membaca dan menonton video adalah 2 pengalaman yang berbeda. Selain itu, belajar mandiri lewat google cenderung akan membingungkan untuk orang orang yang tidak terbiasa, karena mereka tidak tau harus mulai dari mana dan apa saja yang dipelajari. Sedangkan belajar lewat kursus online, sudah ada panduan. Kita tinggal mempelajari materi yang telah disusun oleh pengajar mulai dari level dasar sampai menengah.

FAQ

-        Bagaimana caranya mendaftar  pelatihan prakerja?

Silakan mendaftar di website prakerja.go.id. Isi data data pribadi, ikuti tes, klik gabung, selesai.

Kamu perlu menunggu beberapa hari untuk mengetahui lulus atau tidak.

      Apakah yang belum bekerja saja yang boleh gabung?

Terbuka untuk yang masih bekerja, pengangguran, PHK di atas 18 tahun dan tidak sedang berkuliah.

Tapi nih ya, kalo saya boleh saranin. Kalo kamu sudah punya penghasilan, lebih baik tidak usah daftar. Memang tidak ada larangan, tapi baiknya pikirkan juga kondisi saudara saudara kita yang tidak bekerja yang lebih memerlukan ini. Saya banyak baca di grup, orang orang yang mengeluh karena mereka tidak berhasil sedangkan yang lain yang sudah punya pekerjaan dan penghasilan lumayan dapat.

 Mitra prakerja apa yang sebaiknya saya pilih?

Ada 7 mitra prakerja yang menyediakan pelatihan. Dari ketujuh mitra itu, saya baru “mencicipi” Skill Academy. Selama mengikuti pelatihan di sini semuanya berjalan lancar mulai dari membeli pelatihan sampai selesai. Tapi ada juga teman teman lain yang menghadapi kendala saat pelatihan di Skill Academy, terutama dari gelombang 1 dan 2.

Kalo ditanya pilih mitra yang mana, saran saya mending cari review dulu di internet. Kalo mau cari review yang jujur, cari di grup facebook khusus prakerja atau di twitter. Di sana kamu bisa cari tau apa komentar mereka tentang mitra mitra pelatihan di program prakerja lewat fitur search.

       Sebaiknya ikut pelatihan apa?

     Cari pelatihan yang sesuai dengan pasion kamu atau yang kamu berniat pengen kursus/belajar skill itu, tapi belum kesampaian. Cari pelatihannya di semua mitra prakerja, jangan cuma di mitra yang lebih terkenal. Kalau ada beberapa mitra yang menawarkan pelatihan yang kamu pengen, bandingkan materi dan harga pelatihannya terlebih dahulu. Kalo ada yang lebih murah dan materinya lebih bagus, ambil. Perhatikan juga jenis kelasnya, apakah full online dimana kamu cuma perlu menonton video materi yang disediakan atau melalui Zoom, dimana kamu perlu tatap muka online dengan tutor dan teman teman yang lain. 

    Kalo kamu bener bener bingung gak tau mau ngambil pelatihan apa, saran aku ambil pelatihan yang pastinya akan berguna untuk diaplikasikan dalam pekerjaan, seperti Bahasa Inggris, akuntansi, Word/Excel/Power Point.

      Apakah lebih baik mengambil pelatihan paket atau tunggal?

     Kalau saya pribadi lebih memilih pelatihan tunggal. Karena saya bisa memilih pembelajaran sesuai yang saya inginkan. Selain itu saldo saya juga masih bersisa dan bisa saya gunakan lagi untuk menjajal pelatihan di mitra lain.

Saya iseng mengecek pelatihan apa saja yang ditawarkan di pelatihan paketan, ternyata tidak terlalu menarik, setidaknya bagi saya. Banyak judul pelatihan yang sebenarnya bisa dengan mudah saya temukan secara gratis di internet. Ini juga salah satu yang ingin saya saya sampaikan. Usahakan memilih pelatihan yang sertifikatnya bisa kamu lampirkan saat melamar pekerjaan. Jangan asal pilih pelatihan karena hanya mempertimbangkan dapat insentif. Insentif hanya untuk 4 bulan, sedangkan ilmu dan sertifikat yang kamu dapatkan bisa berguna sampai kapanpun. So, pilihlah pelatihan yang akan menjadi nilai tambah buat kamu di mata perekrut saat nanti melamar kerja.

  Bagaimana insentifnya dikirim?

Bisa lewat rekenin bank BNI atau kalau tidak punya rekening ini bisa pakai e wallet yaitu GoPay, Ovo, dan LinkAja.

 Kalau saya pakai e wallet, bagaimana cara menarik uangnya?

Kamu bisa transfer dari e wallet ke rekening bank. Untuk mendapatkan fitur ini, akun GoPay, Ovo, LinkAja kamu harus diupgrade dulu dengan mengirimkan foto KTP dan selfie dengan memegang KTP. Cara lengkapnya silakan cek di e wallet masing masing.

Hati hati ya, jangan sampai karena gak mau ribet, kamu pakai akun e wallet orang lain. Karena banyak yang pakai cara ini insentifnya tidak bisa diproses karena NIK di Prakerja dan NIK di e wallet berbeda.

       Saya menemui kendala, kemana saya harus melapor?

Kalo masalahnya berhubungan dengan pembelajaran, hubungi mitra prakerja masing masing. Kalo berhubungan dengan insentif, sertifikat yang belum muncul di dashboard, hubungi pihak prakerja lewat email.

Tapi harap sabar ya, karena berdasarkan pengalaman teman teman yang lain, butuh menelepon dan mengirim email berkali kali untuk direspon. Siapkan pulsa juga kalo mau menelepon customer service prakerja.

Kesimpulan

Program ini bagi saya pribadi sangat bermanfaat, karena saya bisa mendapatkan pembelajaran  gratis, cuma modal kuota. Serta melatih kedisiplinan dan kemampuan membagi waktu untuk mengikuti pembelajaran online. Saya juga masih bisa mengikuti pelatihan kedua, ketiga, dan seterusnya selama masih ada saldo prakerja. Hal ini tentu akan saya manfaatkan sebaik mungkin, mumpung masih banyak waktu luang.

Saran

Sebaiknya calon peserta pelatihan ini diseleksi dengan lebih ketat, agar yang dapat adalah yang benar benar membutuhkan.

Untuk  calon peserta prakerja gelombang berikutnya, manfaatkan kesempatan sebaik mungkin. Don’t take it for granted.  pelajarilah semua materi dengan serius. Banyak peserta yang cuma mengejar insentif jadi mereka menonton semua video sampai habis, tanpa dijeda. Ya kalo mereka juga menyimak, ada juga yang cuma mutar video trus ditinggal melakukan aktivititas lain sampai durasinya habis. Yang kayak gini rugi di kamu. Seperti yang saya tulis di atas, uang insentif sebesar 600 ribu x 4 bulan sebentar juga habis, tapi ilmu akan terus melekat dan bisa kita manfaatkan untuk menambah  saat melamar kerja.

Sebagai peserta prakerja, saya juga sarankan kalian ikut grup grup diskusi prakerja misalnya di grup facebook, grup Whatsapp/Telegram.  Bergabung di grup sangat bermanfaat biar kita tidak ketinggalan informasi, juga jadi tempat tanya tanya kalo menemui masalah yang berhubungan dengan pelatihan. 

Akhir kata, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan yang panjang ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Next Post Previous Post
5 Comments
  • NOVIA
    NOVIA Monday, March 22, 2021 at 12:25:00 PM GMT+7

    Hay . kontennya sgt membantu . kebetulan aku juga dpt prakerja alhamdulilah sudah lancar semua tinggal tunggu cair saja ,aku juga ambil skill Academy tapi untuk mapel bahasa Inggris..salam kenal trimakasih

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Saturday, March 27, 2021 at 7:51:00 PM GMT+7

      Sama sama :) Semoga bermnafaat ilmu dari Prakerja-nya

  • Novia Harmono
    Novia Harmono Monday, March 22, 2021 at 12:27:00 PM GMT+7

    Konten nya sgt membantu mksih

  • Fathimah
    Fathimah Saturday, April 10, 2021 at 10:45:00 AM GMT+7

    Terimakasih banyak ya kak atas infonya. aku mau tanya dong kak, setelah materi penjelasan gitu ada soal latihan ga sih kak? yang harus diselesaikan gitu.. Soal latihan selain pre exam sama exam.

    • Nona Nurul
      Nona Nurul Wednesday, April 21, 2021 at 7:25:00 PM GMT+7

      Gak ada seingat aku, aku juga latihan excel gerilya sendiri nyari di internet :)

Add Comment
comment url

About Me

 An introverted overthinker who like to speak her mind through Blog, Instagram, and Twitter