Endorse kurang sukses, kenapa gerangan ?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, endorse artinya sebuah kontrak yang mengikat talent (selebritis, selebgram, atlet, influencers, dll) dalam jangka waktu tertentu. Tapi pada praktiknya endorsment bisa aja gak sekaku itu harus pakai hitam diatas putih. Kebanyakan malah cuma pakai komunikasi lewat WhatsApp atau inbox instagram, kerjasama pun tercipta.
Endorse digadang-gadang jadi cara paling ampuh buat naikkin penjualan. Gak heran sih banyak brand baru namanya langsung melejit sejak sering diiklanin sama artis-artis. Makanya pemilik bisnis menaruh harapan besar sama endorsement, apalagi kalo bisa ngegaet selebriti papan atas A-list, siap siap aja kebanjiran pesanan.
Tapi yang namanya endorse gak selalu jadi kunci keberhasilan, banyak pemilik bisnis yang ngeluh kalo produk yang diendorse sama si seleb cuma dapat sedikit atau sama sekali gak ada yang beli. Salahnya dimana? Sia sia dong ngeluarin duit jutaan kalo gak ada pengaruhnya sama penjualan? Sebelum kamu marah marah, coba baca poin poin yang aku tulis di bawah ini. Mungkin salah satu atau dua faktor ini yang bikin endorse kurang berhasil
1. Salah
pilih figur
Bukan cuma mesti sesuai dengan target market dan identitas brand
yang pengen dibangun, tapi juga tingkat likeabilitynya. Sosok yang kamu pilih
buat endorse udah klop sama target market, semuanya match, tapi image dia gak
cocok sama brand kamu, ato si figur ini terkenal in a negative way. Ya secara
gak langsung pasti ngaruhlah ke endorsean kamu.
Trus gimana ?
Ya cari figur yang imagenya bagus. Bukan cuma karena terkenal.
Figur yang terkenal emang penting banget buat boost endorse kamu.
Tapi
Kalo kamu pengen bisnis kamu gak asal jualan melainkan bisa
berkembang sampe punya perusahaan sendiri, bangun brand image kamu mulai
sekarang. Carilah figure endorse yang sesuai sama “wajah” brand kamu.
Jangan asal comot, serampangan, no no no.
3. Engagementnya
gimana?
Bukan cuma figur yang diendorse, bukan melulu soal followers yang
bejibun. Kamu mesti perhatiin juga tingkat engagement di
akun yang bersangkutan. Misalnya nih, kamu mau endorse hijab. Udah nemu sosok
yang tepat buat diendorse. Orangnya cantik, gaya hijabnya juga sesuai sama
style brand kamu. Tapi setelah kamu jalan jalan ke akunnya ternyata yang ngomen
banyakan cowok cowok caper bin doyan gombal. Setelah kamu cek followersnya,
ternyata rata rata kaum adam daripada ukhti ukhti berhijab yang jadi target
sasaran kamu.
Pertanyaannya,
Kalo kamu endorse orang ini kira kira ngaruh gak?.
Bisa jadi, tapi mungkin gak sebaik yang kamu ekspektasikan. So,
next time kalo mau pilih pilih figur yang cocok buat ngendorse produk kamu,
perhatiiin juga tingkat keterikatan followers sama si pemilik akun. Kalo yang
punya akun ramah dan sering bales komen berarti engagement ratenya bisa kamu
andalkan.
4. Produk
kamu mediocre
Kamu jualan pashmina katun, dan diluar sana ada ratusan penjual
yang jual produk yang sama dengan harga boleh diadu, pilihan warna lebih banyak
dan reputasinya udah lebih dikenal. So, ketika mereka liat iklan endorsean
kamu, mereka mikir “oh, just another pashmina ima”. Mereka udah terlalu sering
melihat produk serupa diberanda sosial media mereka. Saking familiarnya jadi
biasa aja.
“lalu gimana solusinya ?”
Ya bukan berarti kamu langsung ganti produk dan ngejual produk
yang gak dikenal sama sekali biar gak ada saingan. Kamu cuma perlu puter otak
pake strategi lain, tetep jualan produk yang sama tapi punya diferensiasi.
Misalnya kalo olshop lain banyak jual pashmina yang polos, kamu spesialisasi
jualan pashmina dengan motif bunga bunga contohnya. Perbedaaan
simple itulah yang bakal bikin calon pembeli ngelirik.
5. Udah
jenuh cyiin
Istilah endorse mulai familiar mungkin sekitar 3 - 5 tahunan yang
lalu. Dan dalam jangka waktu tersebut juga konsumen dibombardir sama images,
produk, dan pilihan yang bertubi tubi. Eksposur yang masif inilah yang bikin
konsumen gak terlalu ngeh lagi sama endorse. They are overwhelmed by
endorsements here and there. Kalo dulu endorse bisa jadi jaminan mutu buat
naikin sales, sekarang yaa banyak berdoa aja deh. Walaupun bukan
berarti endorse sekarang udah gak lagi efektif. Kamu perlu strategi lain buat
bikin konsumen notice tentang keberadaan online store kamu, jangan cuma bergantung
sama endorse. Misalnya kamu bisa kombinasiin sama paid promote ato bikin toko
online di marketplace gratis.
Endorsement hanya salah satu cara promosi. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan buat ngenalin produk kamu ke pasar atau menggaet pembeli, misalnya dengan Instagram ads. Kalo pakai ads kamu bisa leluasa nentuin target market, range usia, lokasi, minat, dan hal hal lain yang bisa bikin iklan kamu muncul di target market yang sesuai.
.
Sekali lagi apa yang kamu baca disini bukan sebuah hal yang
absolut ya. Bukan berarti endorse sama yang followersnya dikit pasti gak
berhasil misalnya. Noo, selalu ada faktor X yang mempengaruhi kesuksesan
endorse kamu. Yang aku tulis disini murni pandangan pribadi berdasarkan analisa
dan observasi kecil kecilan. Apalagi kalo kamu punya biaya marketing yang cukup
buat endorse. Jangan takut, go for it.
Yuk share di komen pengalaman endorse kamu.