Jadi PNS, memangnya kenapa?



#2019jadiasn, begitulah hashtag yang ramai belakangan ini di beranda media sosial saya. Tidak lain tidak bukan karena pembukaan ribuan lowongan CPNS di seluruh Indonesia yang membuat para pemuda indonesia berbondong bondong cari peruntungan. Bahkan yang gak terlalu minat jadi PNS pun ikut cari peruntungan dengan alasan "kali aja ada rejekinya". Padahal sih kalo menurut  saya yang coba coba gini gak usahlah ikutan, biar ngurangin saingan yang serius ngelamar *maunya*

Namun,  di sisi lain ada sekelompok orang orang yang memandang sinis dengan fenomena para anak muda yang ikutan CPNS. Kayanya aib banget kalo para kaum muda ini menghabiskan sisa hidupnya bekerja jadi abdi negara selama berpuluh tahun.  "Mending jadi enterpreneur bro" ato "milenials harusnya kerja yang lebih kreatif lah."

Saya paham kenapa sebagian orang memandang remeh sama pekerjaan ini. Karena di mata mereka jadi PNS tuh gampang, males malesan tetap dibayar, sering makan gaji buta dan segala stigma negatif lainnya. Jadi kalo denger ada anak muda, fresh graduate bermasa depan cerah memutuskan mendaftar jadi CPNS,  reaksi mereka kayak "whaaaaatttt????" Di mata mereka orang orang ini udah "bunuh diri" dengan kerja di lingkungan birokrasi yang kaku dan gak menyediakan ruang yang cukup buat kreatifitas.

Kalo saya sendiri sih sebenernya gak masalah kalo ada anak muda yang mau jadi PNS. Urusan lingkungan kerja yang kaku, makan gaji buta, gak disiplin itu di lingkungan swasta juga ada. Malah saya menyimpan harapan kalo anak anak muda generasi milenials ini bisa membawa perubahan dalam lingkungan kerja mereka sebagai PNS jadi lebih jaman now, gak kaku kayak generasi pendahulunya. Is it too much too hope?

Lagian mau jadi PNS sekarang susah coy. Baru mau daftar aja udah penuh perjuangan. Kalo ngelamar kerja di swasta tinggal edit edit CV, kirim,done. Gak ada ceritanya "NIK belum terdaftar" ato "koneksi sibuk" sampe mesti begadang biar lancar daftarnya. Tuh,  tahap pendaftaran aja udah harus punya mental pejuang karena ribet, jadi kalo ada yang bilang yang mau ikutan CPNS tuh orang orang bermental pemalas, heyyy.. Dari awal aja udah harus ribet dengan dokumen ini itu, bolak balik ngurus ini itu. Kalo beneran punya mental pemalas pasti udah mundur mau daftar CPNS saking berlika likunya prosesnya.

Buat saya,  mau jadi PNS, pengusaha, pegawai swasta atau apapun kerjaannya,  gak ada yang harus dibanding bandingin kalo kerja ini lebih baik dari itu, selama halal toh? Teruntuk yang sedang berjuang di seleksi CPNS 2018, selamat berjuang ya. Kalo berhasil lolos kerja yang bener ya biar bisa mengubah citra ASN jadi lebih baik.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

About Me

 An introverted overthinker who like to speak her mind through Blog, Instagram, and Twitter